Sabtu, 07 Februari 2009

Menjual Lukisan Kaca dan Kanvas



PRAKATA

Seni rupa Indonesia tengah berada dalam pertumbuhan yang sangat memungkinkan bagi perupa untuk berkreasi. Dengan aneka ragam corak, perwujudan serta berbagai macam media ungkap bisa ditampilkan dan akan selalu mendapat respon dari masyarakat pecinta seni secara luas. Hal ini hendaknya bisa ditangkap dengan baik bagi perupa Indonesia saat ini.

Toto sunu adalah perupa yang menggunakan kaca sebagai bidang kanvasnya. Kalayak umum menyebutkan sebagia lukisan kaca. Konon lukisan kaca bisa kita jumpai diberbagai daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat serta mungkin didaerah lain. Lukisan kaca yang saya sebutkan diatas selalu tema pewayangan serta kuda berkepala wanita ditambah kaligrafi Arab.
Tapi lukisan kaca yang ingin

saya sampaikan disini adalah lukisan kaca yang lain dari yang lain, lukisan kaca hasil karya Toto Sunu yang berasal dari kota Cirebon. Mengapa saya katakan lain dari yang lain, karena obyeknya beraneka ragam, serta digarap dengan kecermatan tinggi serta ketepatan bentuk yang prima.
Hasil kreasi dan inovasinya semoga memberikan angin segar bagi pertumbuhan dan perkembangan seni lukis kaca ditanah air. Kami ingin memberikan sedikit ilustrasi tentang proses pembuatan lukisan diatas kaca. Kalau kita melukis diatas kanvas, hasilnya akan segera kita ketahui dan rasakan saat itu juga. Sehingga bilamana terjadi kesalahan segera kita atasi dengan cara menumpuk langsung atas cat yang salah tadi.
Tapi bilamana kita melukis diatas kaca hasilnya tidak bisa segera kita ketahui. Untuk melihat hasilnya, kita kita harus membalik dulu kacanya. Dengan demikian bilamana terjadi kesalahan, dan untuk memperbaikinya tidak bisa langsung ditumpuk diatas cat yang salah tadi, namun menghilangkannya terlebih dahulu baru dikerjakan secara mengulang.
Toto Sunu rupanya telah menguasai denagn baik teknik melukis diatas kaca, sehingga apa yang menjadi kendala denagn cepat bisa diatasi. Secara teknis lukisannya memang prima dan digarap dengan sempurna.
Seiring berkembangnya dunia seni, Toto Sunu pun ikut mengembangkan karya seninya. Dia menuangkan inspirasinya dengan melukis diatas kanvas, yang bertema "PEDESAAN" dengan orang - orang yang sangat unik - unik..




Anda dapat memesan lukisan ini dengan mengunjungi galery kami di:
Jl. Karang Makmur No. 48 Rt.02 Rw.03 Kelurahan Drajat, Kecamatan Kesambi. Cirebon 45133
dan anda juga dapat memesannya di line telephone : (0231) 205346

Tidak ada komentar: